Home » Microsoft Office » Microsoft Word » 5 Cara Membuat Struktur Organisasi di Word dengan Cepat Terbaru (+Gambar)

5 Cara Membuat Struktur Organisasi di Word dengan Cepat Terbaru (+Gambar)

PANDUAN.ID – Cara membuat struktur organisasi di Word sebenarnya cukup mudah asalkan Anda bisa menggunakan berbagai fitur yang tersedia di dalamnya dengan baik. Kini, perkembangan software Ms. Word semakin beragam, sehingga tak heran apabila tak sedikit penggunanya kebingungan dalam mengoperasikannya.

2 Cara Membuat Struktur Organisasi di Word

Sebelum membahas cara lain untuk membuat sebuah struktur organisasi dengan mudah, di bawah ini ada beberapa tahapan yang perlu Anda lakukan apabila ingin membuat sebuah bagan di Word tanpa bantuan alat apapun dan hanya menggunakan fitur di dalam Ms. Word saja. Berikut penjelasannya:

1. Menggunakan Fitur Shape

Cara pertama, Anda bisa menggunakan fitur Shape yang berisi berbagai bentuk bangun seperti lingkaran, persegi, persegi panjang, dan lain sebagainya. Step ini sangat mudah karena tidak membutuhkan aplikasi lain apabila hendak membuat sebuah struktur organisasi. Berikut ulasannya:

  • Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah dengan membuka menu “Insert” di bagian toolbar. Kemudian pilih sub menu “Shapes” lalu ke “Text Box”.
  • Buatlah kotak secara manual sesuai dengan kebutuhan Anda.
  • Tariklah dan drag hingga membentuk kotak menggunakan mouse. Pastikan kursor atau mouse Anda berfungsi dengan baik.
  • Jika ingin mengubah tampilan warnanya, bisa mengklik menu “Format”.
  • Setelah itu, memberikan teks pada kotak yang sudah Anda buat tadi.
  • Kemudian, susun bagan secara manual.
  • Untuk menghubungkan kotak tersebut, pilihlah menu “Insert”, lalu “Shapes”, kemudian pilih bentuk garis yang sesuai.
  • Tahap terakhir yakni menggabungkan seluruh elemen yang sudah Anda buat lalu klik “Group”.
  • Agar struktur tersebut tidak berubah apabila berpindah ke perangkat lain, tekan “Shift + seluruh kotak dan garis yang sebelumnya Anda buat dan susun”
Baca Juga:  7 Cara Crop/Memotong Gambar di Word Lengkap Terbaru (+Gambar)

Sangat mudah, bukan? Kini tampilan struktur organisasi yang Anda inginkan sudah terbuat. Tidak perlu repot mengunduh dan menginstal aplikasi lain ke dalam laptop atau komputer. Selain itu, fitur ini juga cocok bagi para pengguna yang baru saja belajar desain tanpa harus membayar biaya pemakaian.

2. Menggunakan Fitur SmartArt

Cara selanjutnya yang perlu Anda lakukan adalah menggunakan fitur SmartArt di Word. Grafik SmartArt adalah representasi visual dari informasi dan ide. Anda membuatnya dengan memilih tata letak yang sesuai dengan pesan. Bagaimana cara membuatnya? Berikut penjelasan lengkap beserta gambarnya:

  • Buka dokumen atau lembar kerja Anda di Ms. Word.
  • Kemudian, pilihlah bagian toolbar “Insert” lalu klik opsi “SmartArt”.
  • Mulailah membuat bagan dengan cara memilih bagian “Hierarchy”.
  • Lalu, pilihlah desain struktur yang Anda inginkan dan butuhkan.
  • Setelah itu, masukkan data yang sesuai pada struktur organisasi berkaitan dengan nama dan jabatannya.
  • Jika ingin menambahkan kotak baru, pilihlah menu Desain, lalu Add Shape.

Setelah selesai membuat struktur organisasi yang diinginkan, Anda disarankan untuk mempercantik tampilan desain pada bagan tersebut agar terlihat lebih bagus. Pengguna bisa memilih berbagai gaya, warna, hingga bentuk yang sesuai dengan kebutuhan di menu “Format” di toolbar.

Cara Lain Membuat Struktur Organisasi Cantik

Pembahasan sebelumnya berkaitan dengan pembuatan bagan organisasi tanpa bantuan aplikasi lain selain Ms. Word. Di bawah ini, Anda akan mengetahui beberapa platform yang berguna untuk membuat desain struktur organisasi secara mudah tanpa ribet. Lalu, apa saja rekomendasinya?

1. Membuat Struktur Organisasi dengan Canva

Canva menjadi salah satu platform desain yang banyak menyediakan tampilan berbagai kebutuhan, mulai dari desain poster, brosur, hingga struktur organisasi. Platform ini cocok bagi Anda yang tidak memiliki kemampuan dalam bidang desain. Lalu, bagaimana caranya? Ini ulasan lengkapnya:

  • Hal pertama yang perlu Anda lakukan adalah membuka website Canva dan membuat akun terlebih dahulu agar akses kedalam platform menjadi lebih mudah.
  • Setelah itu, pilihlah template yang tersedia. Lalu, klik kotak teks untuk memulai penyusunan grafik struktur organisasi.
  • Sesuaikan detail pada struktur organisasi tersebut, seperti bentuk huruf, warna, dan lain sebagainya.
  • Untuk mempercantik tampilan struktur organisasi, Anda bisa memilih berbagai elemen grafik yang sesuai dengan tema dan juga
  • Apabila sudah selesai, simpanlah desain tersebut lalu unduh agar bisa tersimpan di laptop atau komputer.
Baca Juga:  3 Cara Membuat Pangkat di Word dengan Mudah (+Gambar)

Di dalam platform ini, Anda juga bisa membuat berbagai jenis desain yang sesuai dengan kebutuhan. Tidak perlu melakukan pembayaran apabila memilih desain gratis. Platform ini juga cocok untuk melatih kemampuan mendesain berbagai hal. Selain itu, cara-caranya juga sangatlah mudah.

2. Membuat Struktur Organisasi dengan Power Point

Power Point biasanya digunakan untuk mempresentasikan sebuah hasil informasi atau olah data.  Namun, ternyata software ini bisa Anda gunakan juga untuk membuat sebuah struktur organisasi dengan tampilan lebih cantik dan berbeda dari biasanya. Ini dia langkah-langkah mudahnya:

  • Bukalah software PowerPoint di laptop atau komputer Anda.
  • Arahkan kursor ke toolbar “Insert”, kemudian klik “SmartArt”.
  • Mulailah membuat struktur organisasi dengan memilih opsi “Hierarchy”.
  • Pilihlah desain bagan yang Anda inginkan dan butuhkan.
  • Masukkan data-data yang berkaitan dengan nama dan jabatan pada desain.
  • Jika ingin menambahkan kota baru, klik menu “Desain”, lalu “Add Shape”.

Sebenarnya, langkah-langkahnya sama seperti pembuatan bagan menggunakan fitur shape di Word. Anda bisa mempresentasikan struktur organisasi dengan mudah ke rekan kerja melalui penggunaan PowerPoint. Cara ini lebih praktis apabila memang struktur tersebut digunakan untuk presentasi.

3. Membuat Struktur Organisasi Menggunakan Lucidchart

Keberadaan teknologi digital semakin berkembang seiring berjalannya waktu dengan memberikan kemudahan kepada masyarakat untuk memenuhi kebutuhannya. Salah satu platform website yang bisa Anda gunakan untuk membuat struktur organisasi tanpa ribet adalah Lucidchart.

  • Untuk bisa membuat struktur organisasi dengan mudah. Anda dapat mengunjungi website Lucidchart di browser yang ada di Laptop atau Komputer.
  • Kemudian, lakukan registrasi atau pendaftaran akun terlebih dahulu supaya nanti ketika menggunakan semua fitur yang ada di dalamnya, Anda tidak akan mendapatkan kendala.
  • Setelah berhasil, Anda akan diarahkan ke halaman dasbor. Kemudian, pilihlah menu “Templates” dan ketik “Organization Chart”.
  • Di sana tersedia banyak template yang bisa Anda pilih dengan cara klik “Open Template”.
  • Setelah memilih desain atau template yang sesuai dengan kebutuhan, lalu inputlah nama dan jabatan anggota pada struktur organisasi tersebut.
  • Untuk menghemat waktu, Anda bisa menyalin kotak yang sudah dibuat sebelumnya untuk menambah jumlah bagan sesuai kebutuhan.
  • Kemudian, simpanlah hasil bagan yang sudah Anda buat. Caranya dengan mengklik menu “File” lalu pilih opsi “Export” dan jenis file yang akan Anda simpan, seperti JPG atau PNG. Lalu, klik “Download” atau “Unduh”.
Baca Juga:  9 Cara Mengecilkan Ukuran Gambar di Word dengan Mudah Terbaru

Akhir Kata

Itu tadi informasi yang berkaitan dengan cara membuat struktur organisasi di Word. Baik menggunakan aplikasi lain atau hanya memanfaatkan berbagai fitur di dalam Ms. Word secara baik. Sekarang, pekerjaan Anda akan menjadi lebih mudah dengan bantuan beberapa tahapan di atas.

Avatar photo

Hola, saya Nawang sangat menyukai di dunia tutorial, jadi saya akan membagikan tips trik terbaru seputar Blogging, Microsoft Office dan lainnya.

Tinggalkan komentar