Home » Microsoft Office » Microsoft Word » 3 Cara Membuat Bingkai di Word dengan Mudah Terbaru (+Gambar)

3 Cara Membuat Bingkai di Word dengan Mudah Terbaru (+Gambar)

PANDUAN.ID – Bingkai pada dokumen dapat membantu untuk mempercantik tampilan lembar kerja atau laporan. Bahkan, kini Ms. Word dijadikan sebagai tempat mendesain berbagai jenis tulisan, seperti poster, brosur, pamflet, dan lain sebagainya. Lalu, bagaimana cara membuat bingkai di Word?

Cara Membuat Bingkai di Word

Tidak perlu susah-susah untuk membuat bingkai di Word dengan tampilan yang cantik, estetik, dan juga unik. Ada banyak pilihan desain yang bisa Anda pilih dan sesuaikan pada kebutuhan serta selera, namun tetap sesuai dengan dokumen. Berikut ini beberapa cara membuat bingkai di Word secara cepat!

Cara Membuat Bingkai Pada Teks atau Tulisan

Membuat bingkai memang memberikan manfaat tersendiri kepada para penggunanya. Salah satunya adalah untuk mempercantik dan menonjolkan sisi estetik pada tampilan dokumen Anda. Oleh karena itu, simaklah ulasan mengenai langkah-langkah yang perlu dilakukan jika ingin membuat bingkai, yakni:

  • Buka dokumen yang akan Anda berikan bingkai di Ms. Word.
  • Kemudian, block semua teks dengan cara “Ctrl + A” atau menarik kursor hingga muncul warna biru pada teks. Pastikan untuk menyorot semua paragraf agar nantinya setiap paragraf tidak memiliki bingkai yang berbeda-beda.
  • Setelah itu, arahkan kursor ke arah toolbar dan pilih menu “Home”.
  • Pilihlah sub menu “Borders” lalu klik bagian “Outside Borders” untuk memberikan tampilan yang sederhana pada bingkai.
  • Jika kurang sesuai dan ingin tampilan borders lebih cantik, bisa ke sub menu “Borders and Shading”. Terdapat banyak desain yang bisa Anda pilih, mulai dari garis lurus, bergelombang, dan lain sebagainya.
  • Terdapat tiga pilihan tema yang bisa Anda pilih pada bingkai, mulai dari Shadow, Box, ataupun 3-D Frame.
  • Klik satu persatu tema tersebut untuk melihat berbagai jenis desain yang tersedia di bagian “Styles.
  • Untuk mengubah warnanya, anda bisa menggunakan menu “Colour”. Sedangkan untuk mengubah ukuran batas bingkai, klik menu “Width”.
  • Kemudian, aktifkan setiap tepi bingkai. Nantinya, secara otomatis, bingkai akan membentuk persegi. Anda dapat menekan tombol di sekitar pratinjau untuk menyesuaikan tampilan bingkai yang akan diletakkan di dokumen.
  • Jika ingin menjauhkan atau mendekatkan bingkai dari teks, klik tombol “options…”. Kemudian sesuaikan jaraknya dengan kebutuhan.
  • Jika semua sudah selesai, klik “Ok” pada bagian bawah untuk menampilkan borders di lembar kerja Anda.
Baca Juga:  3 Cara Membuat Pangkat di Word dengan Mudah (+Gambar)

Tersedia banyak desain yang bisa pengguna pilih untuk mempercantik tampilan dokumen. Selain itu, dokumen akan terlihat lebih unik, estetik, namun tetap menyesuaikan dengan jenis laporan yang sedang Anda buat.

Cara Membuat Bingkai dengan Gambar

Membuat bingkai dengan gambar memang memberikan keunikan tersendiri pada sebuah teks. Tampilan dokumen juga tidak perlu diragukan lagi. Karena desain ini dapat membuat lembar kerja menjadi lebih menarik. Berikut ini cara lengkapnya yang perlu Anda ikuti, yakni:

  • Buka Ms. Word atau lembar kerja Anda di laptop atau komputer.
  • Arahkan kursor pada toolbar “Insert”, lalu klik sub menu “Pictures”. Pilihlah gambar yang Anda inginkan di file manager laptop atau komputer. Setelah itu klik “Open”.
  • Nantinya, gambar akan muncul pada dokumen.
  • Setelah itu, pilih gambar tersebut dan arahkan kursor ke toolbar dan klik tab “Format”.
  • Klik opsi “Wrap Text” dan pilih “Behind Text”. Opsi ini akan membantu Anda memunculkan semua tulisan yang ada di dokumen dan berada di atas gambar. Dengan demikian, tulisan tidak akan tertutup oleh bingkai gambar tersebut.
  • Cara ini juga berguna agar gambar tidak bergeser apabila Anda ingin memindahkan file ke tempat lain. Karena biasanya posisi gambar akan berubah jika menggunakan tipe Ms. Word berbeda dari sebelumnya.

Cara ini cukup sederhana dan mudah untuk Anda lakukan karena tidak memerlukan tahapan-tahapan khusus atau rumit. Selain itu, tampilan dokumen akan lebih menarik dengan gambar yang beraneka ragam. Walaupun begitu, tetap perhatikan kesinambungan antara gambar serta isi dari laporan tersebut.

Cara Membuat Bingkai di Word Hanya 1 Halaman

Sebenarnya, langkah yang Anda perlukan untuk membuat bingkai di word hanya 1 halaman sama seperti cara pertama. Namun, berbeda pada beberapa bagiannya saja. Untuk lebih jelasnya, simaklah penjelasan di bawah ini!

  • Buka dokumen yang akan Anda beri bingkai di Ms. Word
  • Kemudian, arahkan kursor ke toolbar “Home” untuk memilih sub menu “Borders”.
  • Setelah itu, klik “Border and Shading” untuk memilih “Page Borders” guna membuat bingkai dalam ukuran halaman yang sudah sesuai dengan dokumen Anda.
  • Pilihlah border garis pada bagian “Style”. Jangan lupa untuk memastikan seluruh border berada di tepian. Untuk melihat gambarannya, bisa Anda lihat di bagian preview.
  • Jika sudah selesai, klik “OK”.
  • Untuk membuat tampilan bingkai lebih menarik, Anda bisa menggunakan fitur “Art”. Di sana tersedia banyak pilihan warna yang bisa Anda sesuaikan dengan kebutuhan dan juga keselarasannya.
  • Anda juga bisa memilih apakah bingkai akan ditampilkan pada 1 halaman saja atau seluruh dokumen. Caranya adalah dengan mengklik kotak “Apply to”, setelahnya klik “Ok” kembali untuk menyimpan.
  • Selesai, Anda berhasil membuat bingkai di word hanya 1 halaman.
Baca Juga:  5 Cara Menghapus Halaman Kosong di Word Secara Cepat (+Gambar)

Fungsi Border Pada Dokumen Anda

Mungkin beberapa dari Anda sudah tahu fungsi dari border pada dokumen. Salah satunya adalah untuk mempercantik tampilan lembar kerja agar terlihat lebih unik dan juga estetik. Untuk mengetahui fungsi lain dari border, berikut ini penjelasan serta informasi lengkapnya, yakni:

1. Membuat Tampilan Dokumen Menjadi Lebih Rapi

Border atau bingkai bukan hanya membantu Anda untuk memberikan tampilan lebih unik pada dokumen, namun juga membuat lembar kerja terlihat lebih rapi. Karena setiap sisinya telah berisi bingkai, sehingga kecil kemungkinan tulisan akan melewati batas atau tidak sesuai dengan ukuran kertas dan lainnya.

Apalagi jika Anda ingin menambahkan gambar pada dokumen. Jika tidak diberi bingkai, khawatir nanti gambar tersebut akan lebih besar daripada ukuran halaman atau kertas. Membuat dokumen terlihat lebih rapi, cantik, dan unik kini menjadi mudah tanpa harus menggunakan aplikasi atau software lainnya.

2. Membuat Dokumen Menjadi Lebih Unik

Dengan berbagai jenis desain bingkai yang sudah ada di penjelasan sebelumnya, tentu akan membuat lembar kerja Anda menjadi lebih unik dan berbeda. Selain itu, desain tersebut juga menyediakan berbagai warna serta ketebalan yang bisa pengguna sesuaikan dengan kebutuhan.

Sekarang, Anda dapat mempercantik tampilan borders tanpa harus menggunakan aplikasi lain. Di dalam Ms. Word juga terdapat banyak template untuk dijadikan sebagai gambaran membuat sebuah laporan atau lainnya. Kini, tidak perlu repot lagi jika ingin membuat dokumen berbeda dari lainnya.

Akhir Kata

Kini, tampilan dokumen atau lembar kerja Anda menjadi lebih cantik namun tetap sesuai dengan kebutuhan. Cara membuat bingkai di Word ini terbilang mudah karena tidak memerlukan bantuan aplikasi lain, sehingga prosesnya pun menjadi lebih cepat, sehingga tidak memakan waktu terlalu lama.

Baca Juga:  6 Cara Convert PDF ke Word Terbaru (+Gambar)

 

Avatar photo

Hola, saya Nawang sangat menyukai di dunia tutorial, jadi saya akan membagikan tips trik terbaru seputar Blogging, Microsoft Office dan lainnya.

Tinggalkan komentar

close