Home » Microsoft Office » Microsoft Word » 3 Cara Membuat Pangkat di Word dengan Mudah (+Gambar)

3 Cara Membuat Pangkat di Word dengan Mudah (+Gambar)

PANDUAN.ID – Cara membuat pangkat di Word sebenarnya cukup mudah untuk dilakukan. Asalkan Anda tahu keberadaan fitur yang menyediakan simbol tersebut.

Pangkat biasanya digunakan ketika hendak mengutip sebuah bacaan, umumnya ada pada sebuah karya ilmiah, skripsi, dan lain sebagainya.

Langsung saja simak dibawah ini untuk langkah-langkahnya.

3 Cara Membuat Pangkat di Word

Ada banyak cara yang bisa Anda lakukan untuk membuat tanda pangkat pada Word. Walaupun demikian, akan tetap sulit bagi mereka yang belum pernah mengoperasikannya. Berikut ini beberapa cara yang dapat dilakukan, diantaranya:

1. Menggunakan Tombol “Ctrl + Shift + Plus (+)”

Cara yang pertama yakni dengan menggunakan tombol kombinasi yang ada di keyboard. Cara ini cukup ampuh dan sangat mudah bagi Anda apabila lelah memindahkan jari ke arah kursor. Tinggal tekan tombol ini secara bersamaan, nantinya tanda pangkat akan muncul secara otomatis. Begini cara membuat pangkat atas atau bawah di word:

  1. Buka dokumen yang akan Anda berikan pangkat atau dokumen baru pada Ms. Word di Laptop atau Komputer.
  2. Setelah itu, letakkan kursor di tempat yang Anda inginkan di dalam Ms. Word.
  3. Lalu, tekan tombol “Ctrl + Shift + Plus (+)” secara bersamaan hingga simbol pangkat muncul.
  4. Jika ingin mengubah huruf menjadi pangkat, Anda bisa memblok katanya terlebih dahulu, lalu tekan tombol “Alt + H” secara bersamaan lalu lepas, kemudian tekan tombol “6”. Contohnya, am+t.

Simbol tersebut biasanya sangat penting bagi para mahasiswa di jurusan matematika karena harus menggunakan pangkat untuk menentukan sebuah bilangan. Menggunakan tombol kombinasi ini akan membantu Anda secara praktis memunculkan tanda pangkat pada dokumen.

Baca Juga:  3 Cara Membuat Bingkai di Word dengan Mudah Terbaru (+Gambar)

2. Menggunakan Fitur Superscript

Menggunakan superscript merupakan cara yang selanjutnya bisa Anda gunakan. Ada beberapa tahapan langkah yang harus pengguna lakukan untuk menghadirkan tanda pangkat pada dokumen. Berikut ini beberapa cara-cara lengkapnya:

  1. Buka dokumen yang akan Anda berikan pangkat atau dokumen baru pada Ms. Word di Laptop atau Komputer.
  2. Setelah itu, letakkan kursor di tempat yang Anda inginkan di dalam Ms. Word
  3. Blok angka yang ingin Anda beri tanda pangkat atas.
  4. Kemudian, arahkan kursor ke toolbar “Home” lalu ke “Font” dan carilah ikon “x2”. Klik ikon tersebut hingga angka yang ingin Anda ubah berubah ke dalam bentuk pangkat.
  5. Pengguna bisa melakukan langkah ini ke setiap huruf yang ingin Anda ubah.

Tanpa menggunakan tombol kombinasi yang mungkin saja merepotkan bagi Anda, kini pengguna Ms. Word sudah tidak perlu susah-susah membuat tanda pangkat. Tinggal arahan kursor ke fitur yang tersedia di dalam software ini, secara otomatis simbol akan muncul pada bagian dokumen.

3. Menggunakan Fungsi Equation

Microsoft Word memberikan fitur yang cukup banyak untuk membantu para penggunanya memenuhi kebutuhan pekerjaan tanpa harus kebingungan dalam mencarinya. Anda bisa juga membuat tanda pangkat dengan menggunakan bantuan dari fungsi equation di dalam Ms. Word. Begini cara-caranya:

  1. Buka dokumen yang akan Anda berikan pangkat atau dokumen baru pada Ms. Word di Laptop atau Komputer.
  2. Setelah itu, letakkan kursor di tempat yang Anda inginkan di dalam Ms. Word
  3. Arahkan kursor ke toolbar “Insert”, lalu klik sub menu “Equation dan insert new equation”. Fitur ini berada tepat di samping simbol berbentuk “π”.
  4. Kemudian, tekan ikon ex di bagian structure.
  5. Lalu, pilihlah jenis pangkat sesuai dengan yang Anda inginkan.
  6. Nantinya akan muncul kolom “Type equation here”, isi dengan angka yang Anda butuhkan pada dokumen.
Baca Juga:  5 Cara Membuat Struktur Organisasi di Word dengan Cepat Terbaru (+Gambar)

Selain menulis pangkat pada fungsi ini, Anda juga bisa menemukan banyak simbol dan tanda-tanda matematika secara lengkap. Tidak perlu menyalin di browser karena kemungkinan tidak akan sesuai. Sekarang, semua akan lebih mudah melalui fitur-fitur yang ada di Ms. Word.

Kegunaan Microsoft Word Lainnya

Microsoft Word hadir memberikan banyak sekali fasilitas kepada para penggunanya. Dengan melengkapi berbagai fitur di dalamnya untuk memberikan keleluasaan dalam memenuhi segala macam kebutuhan. Ms. Word memberikan banyak kegunaan pada fitur-fitur yang tersedia di dalamnya, yakni:

1. Kemudahan Akses

Salah satu keuntungan menggunakan Microsoft Word adalah tersedia secara praktis di mana-mana. Word menjadi standar di banyak PC. Anda biasanya dapat menemukannya di komputer kantor, komputer di sekolah, dan PC di rumah. Dengan demikian, aksesnya pun menjadi lebih mudah tanpa hambatan.

Ini memudahkan untuk menyimpan dokumen di flash drive, membawanya bersama Anda, dan mengerjakannya di tempat lain. Jika Anda perlu melakukan beberapa pekerjaan, biasanya dapat menemukan komputer dengan Word di dalamnya, sehingga tidak perlu membawa alat kemanapun.

2. Memberi Bantuan Instan

Saat membuat dokumen, Word juga membantu Anda memastikan bahwa itu adalah yang terbaik. Ketika salah mengeja kata, Microsoft Word akan segera menggaris bawahinya. Pengguna kemudian dapat mengklik kata tersebut dan mendapatkan ejaan yang disarankan.

Jika Anda mengetik kalimat yang tata bahasanya buruk, Word akan menggaris bawahi kalimat tersebut. Ini memungkinkan pengguna untuk mengubah dokumen saat masih mengerjakannya. Dengan ini, dokumen yang akan terkirim lebih tertata dengan penggunaan bahasa yang sesuai.

3. Integrasi dengan Program Office

Manfaat lain dari penggunaan Microsoft Word adalah mudah dalam mengintegrasikannya dengan program Microsoft Office lainnya. Misalnya, jika memiliki spreadsheet yang Anda buat di Microsoft Excel, dengan mudah menempelkannya ke dokumen Word.

Baca Juga:  7 Cara Membuat Per di Word dengan Mudah Terbaru (+Gambar)

Anda juga dapat bekerja dengan program seperti PowerPoint. Hal ini memungkinkan untuk menyelesaikan beragam tugas komputasi tanpa harus menghabiskan waktu untuk mengkonversi dokumen atau file sehingga dapat digunakan pada program lain.

4. Memberikan Fleksibilitas Dokumen

Word memungkinkan Anda membuat dokumen pengolah kata sederhana seperti surat dan laporan dan menjadikannya sebagai dokumen dasar atau semenarik yang pengguna inginkan. Mereka dapat menambahkan warna, menggunakan clip art, menulis dalam berbagai font dan ukuran.

Selain itu, mereka juga bisa menggunakan tabel, batas dan pemformatan peluru. Word juga menawarkan templat untuk membantu Anda membuat banyak dokumen lain, seperti kalender dan kartu ucapan. Anda juga dapat menyimpan dokumen dalam berbagai format, termasuk halaman Web.

5. Panel Navigasi

Microsoft Word menawarkan panel navigasi yang mudah digunakan di bagian atas. Ini memungkinkan Anda melihat representasi visual dari banyak fungsi yang mungkin perlu. Pengguna cukup menahan kursor mouse di atas ikon untuk melihat dengan tepat apa fungsinya.

Kemudian Anda dapat mengklik tombol untuk memulai fungsi dan tugas tertentu. Alih-alih harus menggulir beberapa menu untuk menemukan sesuatu, pengguna biasanya dapat menemukan apa yang dibutuhkan di panel. Ini akan membuat pekerjaan menjadi lebih mudah dan juga cepat.

Akhir Kata

Itu tadi informasi berkaitan dengan cara membuat pangkat di Word. Tidak perlu khawatir lagi apabila ingin memasukkan tanda ini ke dalam laporan. Selain itu, bentuk pangkatnya juga bisa disesuaikan dengan kebutuhan serta keselarasan dokumen yang sedang Anda buat.

Avatar photo

Hola, saya Nawang sangat menyukai di dunia tutorial, jadi saya akan membagikan tips trik terbaru seputar Blogging, Microsoft Office dan lainnya.

Tinggalkan komentar

close