PANDUAN.ID – Kali ini membagikan info tentang cara menjumlahkan di word dengan berbagai rumus.
Mungkin saja Anda akan mengandalkan Ms. Excel untuk berbagai operasi matematika. Namun sebenarnya cara menjumlahkan di Word 2010, 2007, 2013, 2016 juga dapat dicoba.
Meskipun, sebenarnya sudah berbeda daripada Excel atau program khusus pengolah angka karena lengkap akan rumus dan formulasinya.
Daftar Isi
Cara Menjumlahkan di Word
Namun sebenarnya Anda masih bisa menggunakan Ms. Word ini untuk mengolah angka meskipun tidak selengkap dari Ms. Excel. Cara Menghitung di Word sendiri sangat mudah dan memang tersedia fasilitas yang berguna dalam penjumlahan angka.
Cara Menjumlahkan di Word secara Otomatis
Versi pertama yang sudah mengalami banyak pembaharuan adalah Word 2010. Tidak sedikit pengguna Ms. Word sangat betah untuk menggunakannya. Salah satunya yakni ketika mereka memilih menjumlahkan di Word secara otomatis tanpa harus mengakses Ms. Excel lagi
- Pertama, bukalah dokumen Ms. Word Anda
- Jika sudah, buatlah tabel Anda
- Klik tab menu Insert
- Klik pada menu Table
- Sesuaikan banyaknya kolom dan baris yang akan Anda buat
- Siapkan data yang akan Anda jumlahkan
- Arahkan kursor di kolom yang berisikan dengan total penjumlahannya
- Klik pada menu Insert
- Klik lagi pada menu Quick Parts
- Selanjutnya, pilih pada menu Fields
- Tunggu sampai muncul kotak dialog di lembar kerja Anda
- Tunggu hingga muncul banyak pilihan
- Pilih pada menu Formulas
- Klik pada tombol Formulas
- Atur rumus penjumlahan seperti di Ms. Excel
- Gunakan tanda =SUM untuk menjumlahkan
- Sesuaikan dengan baris dan kolom yang akan Anda jumlahkan
- Total penjumlahan telah otomatis muncul di tabel
- Selesai.
Cara Menjumlahkan di Word secara Manual
Cara menjumlahkan di word 2010, 2007, 2013 dan 2016 secara manual, Anda mengharuskan untuk mengetik angkanya satu per satu. Langkah ini tentu tidak akan membuat kebingungan pada saat jumlah baris dan kolomnya tidak terlalu banyak. Berikut langkahnya:
- Buka dokumen Microsoft Word Anda
- Buatlah satu saja tabel perhitungan untuk memudahkan
- Klik pada menu tab Insert
- Klik lagi pada menu Table
- Sesuaikan jumlah baris dan kolom yang akan Anda buat
- Klik pada salah satu sel saja yang ingin Anda gunakan untuk tempat penjumlahannya
- Selanjutnya, pilih menu Formula
- Tuliskan pada kolom tersebut =a2+b2 (menjumlahkan angka di sel A2 dan B2)
- Terakhir, klik OK
- Lakukan hal yang sama untuk sel di bawahnya dan perhitungan lainnya
- Selesai.
Frequently Asked Questions
Apakah bisa menjumlahkan di Word?
Anda tentu saja bisa menjumlahkan angka di Word dengan menggunakan rumus SUM, untuk cara menjumlahkan angka bisa ikuti langkah-langkah yang ada diatas dengan manual ataupun otomatis.
Bagaimana cara membuat rumus matematika di Word?
Untuk rumus matematika Anda harus klik pada toolbar lalu arahkan kursor di menu Insert, selanjutnya klik Equation.
Selain cara diatas Anda juga bisa klik tombol ALT + = secara bersama nanti akan masuk ke rumus matematika di Word.
Akhir Kata
Itulah tadi bagaimana cara menjumlahkan di Word dengan berbagai langkah yang begitu mudah. Sebenarnya untuk operasi matematika yang dasar seperti ini memang terasa begitu mudah sehingga dapat dilakukan seperti di layaknya menggunakan Excel. tapi disini Anda tidak perlu mengakses Ms. Excel jika hanya menjumlah dan mengalikan saja. Semoga Bermanfaat!