PANDUAN.ID – Bisnis minuman memang seolah-olah mati satu tumbuh seribu dari dulu sampai sekarang. Tak heran jika banyak orang yang banting setir menjadi pengusaha minuman mulai dari berbagai jenis minuman hangat dan dingin, kopi hingga minuman kemasan. Jika Anda juga salah satu di antara mereka, tentu membutuhkan contoh kata-kata promosi minuman untuk menarik pembeli.
Daftar Isi
Tips Bisnis Minuman agar Omzet Naik
Semakin banyak orang yang tertarik menjajal bisnis minuman tentu berarti persaingan akan menjadi semakin ketat. Tentu Anda memerlukan usaha lebih untuk menarik pembeli. Beberapa kiat dan tips di bawah ini mungkin dapat membantu Anda:
Gunakan Bahan yang Berkualitas
Harga minuman yang Anda jual bisa saja lebih mahal dari pesaing Anda, namun jika Anda dapat memastikan bahwa bahan-bahan yang Anda gunakan selalu berkualitas maka hal tersebut bukan menjadi masalah. Jadi meskipun banyak jenis minuman baru bermunculan, minuman Anda akan tetap digemari karena bahan yang berkualitas menghasilkan rasa enak dan melekat di lidah.
Inovatif dan Kreatif
Untuk menjalani bisnis minuman, Anda harus berani berinovasi dan berkreasi dengan variasi minuman Anda. Untuk bisa menghasilkan berbagai variasi menu minuman, Anda harus bisa mengkreasikan dan melakukan uji coba terlebih dahulu untuk memastikan rasa serta nilai dan kelayakan jualnya.
Jangan Lupakan Promosi
Marketing ataupun promosi merupakan ujung tombak keberhasilan bisnis minuman Anda. Jika Anda menawarkan banyak variasi minuman tetapi lupa dengan promosinya maka tentu produk Anda susah masuk di tengah-tengah masyarakat.
Kenalkan produk Anda ke masyarakat menggunakan contoh kata-kata promosi minuman yang unik, menawarkan berbagai promo menarik, membuat iklan, membuat akun Instagram dengan postingan yang terlihat profesional dan masih banyak lagi.
Lokasi Harus Strategis
Lokasi tetap sangat menentukan keberhasilan usaha minuman Anda. Setidaknya, Anda harus memilih tempat yang strategis saat membuka stand Anda. Beberapa lokasi yang menjadi pusat keramaian seperti dekat sekolahan dan kampus, area perkantoran dan industri, serta di dalam pusat perbelanjaan masih menjadi lokasi yang cukup strategis untuk memulai bisnis minuman.
Utamakan Pelayanan
Selain bahan baku yang berkualitas, pelayanan pun merupakan kunci utama menarik pembeli menjadi pelanggan tetap Anda. Dengan pelayanan yang baik seperti keramahtamahan dan menjalin keakraban dengan pembeli akan membuat usaha Anda memiliki penilaian yang baik pula di mata konsumen Anda.
Selalu Tonjolkan Ciri Khas
Cara lain untuk membuat usaha Anda mudah dikenal dan selalu diingat adalah dengan membuat ciri khas tertentu pada produk Anda misalkan dari nama usaha dan logo yang unik, kemasan yang menarik dan beda dari yang lain, seragam pegawai, menu signature atau recommended, dan masih banyak lagi. Anda juga bisa menggunakan contoh kata-kata promosi minuman yang lucu dan menarik sehingga akan selalu terngiang di pikiran orang-orang.
Cara Membuat Kata-Kata Promosi Minuman yang Menarik
Semua produk konsumsi membutuhkan promosi agar laris di pasaran, tak terkecuali produk-produk minuman. Menggunakan rangkaian kata yang tepat dapat menimbulkan rasa ketertarikan orang untuk membeli dan membuktikan apakah produk minuman Anda sesuai dengan jargon atau kata-kata promosi tersebut. Bagaimana caranya?
Pemilihan Kata Sesuai Target Pelanggan
Gunakan contoh kata-kata promosi minuman yang sesuai dengan target pelanggan untuk produk Anda. Misalkan jika Anda menjual produk minuman anak tentu tidak cocok dengan penggunaan kata-kata yang sulit dimengerti oleh anak-anak. Beda lagi jika target Anda adalah para remaja, tentu harus menggunakan bahasa yang gaul dan kekinian untuk menarik minat.
Kalimat Awal Menarik Perhatian
Selain pemilihan kata harus sesuai target, Anda harus memakai kalimat awal untuk menarik minat orang. Sebab ada yang menyebutkan bahwa perhatian seorang konsumen tidak berlangsung lebih dari tiga detik untuk memutuskan apakah mereka jadi membeli produk tersebut atau tidak. Jadi Anda harus manfaatkan “tiga detik” tersebut dengan kalimat yang memikat.
Gunakan Efek FOMO Saat Promosi
Fear of Missing Out (FOMO) merupakan efek psikologis yang artinya “takut ketinggalan atau kehilangan sesuatu” dan Anda bisa menerapkan ini pada contoh kata-kata promosi minuman yang unik dan menarik. Seperti sebuah “ancaman” halus agar orang merasa sayang jika melewatkan promo dari produk minuman Anda.
Kata yang Hiperbolis dan Kontradiktif
Menggunakan kata-kata yang bersifat hiperbol atau melebih-lebihkan seperti “minum seteguk saja, segarnya bisa sampai sore” dan kontradiktif atau berlawanan atau berseberangan seperti “minuman ini tidak enak, kalau gak percaya coba aja” sah-sah saja karena orang bisa merasa hal tersebut lucu dan penasaran untuk mencoba.
Penggunaan majas atau pantun juga bisa diterapkan pada kalimat promosi minuman, tapi tentunya dengan gaya bahasa yang gaul dan kekinian supaya unik dan menarik. Misalkan “makan permen gulali rasa stoberi, beli minuman ini bisa dapat senyuman kami” dan sebagainya.
Gunakan Promo Menarik
Promo menarik terutama saat baru-baru buka usaha minuman itu sangat penting. Oleh sebab itu bisa menerapkan promo menarik ini ke dalam contoh kata-kata promosi minuman untuk menarik minat pembeli seperti misalnya “buy one get one, jangan sampai kehabisan”.
Contoh Kata-Kata Promosi Minuman
Bagi yang masih bingung merangkai kata-kata untuk promosi minuman, contoh kalimat promosi yang unik dan menarik di bawah ini mungkin bisa menjadi rekomendasi dan inspirasi untuk menawarkan produk minuman Anda:
- “Buahvita, jus buah segar dan menyehatkan dengan gula asli”
- “Anak-anak susah makan sayur? Cobalah smoothie buah dan sayur yang lezat ini”
- “Segarnya Lestea, bikin harimu selalu adem bestie”
- “Duniaku runtuh bukan karena di-ghosting kamu, tapi karena lupa beli es susu Mamamoo”
- “Hari gini kok gak ngopi disini sama si doi, gak punya duit ya? Hihihi”
- “Hari ini es teh buy one get one, jangan lupa ya kawan”
- “Beli 4 kotak susu Ultra 1 liter, bonus Tupperware cantik”
- “Pak presiden (gak) pernah minum es kelapa muda disini”
- “Kemanapun kamu pergi, kamu pasti ketemu Fremilt Thai Tea”
- “Rootbeer 100% bahan alami no alkohol sama sekali”
- “Gausah coba yang lain lagi, Bestea segarnya sudah pasti”
- “Kopi Luwak enak di mulut, nyaman di lambung”
- “Susu SGM, Susunya Generasi Maju”
- “Minum kopi disini, hari ini bayar besok gratis”
- “Kopi Samarinda siap menemani hari-hari Anda”
- “Beli baju di Tanah Abang, sini dulu minum es dawet bang”
- “Es coklat Mamah Muda bikin mood kembali membara”
- “Mau lembur kerja? Jangan lupa Bear Brand dulu”
- “Meski panas hujan menerpa, kopi susu Janji Joni selalu buka”
- “Cuma disini yang jual kopi luwak asli no tipu-tipu”
Akhir Kata
Itu dia tadi beberapa contoh kata-kata promosi minuman yang unik dan menarik. Bagaimana? Tidak sulit lagi bukan untuk merangkai kalimat promosi yang menarik? Saatnya mengekspresikan diri Anda dan bereksplorasi dengan kata-kata.