Home » Photo Editing » Lightroom » 15 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Lightroom Terbaru

15 Kelebihan dan Kekurangan Aplikasi Lightroom Terbaru

PANDUAN.ID – Kali ini Saya akan membagikan kelebihan dan kekurangan dari aplikasi lightroom android, iphone dan pc.

Adobe lightroom ialah salah satu aplikasi yang memiliki kelebihan begitu banyak untuk mengedit foto kalian agar menjadi lebih sempurna. Aplikasi yang satu ini dapat menciptakan hasil yang memuaskan untuk kalian, terlebih aplikasi ini digunakan di android dan dapat di download secara gratis.

Kelebihan Aplikasi Adobe Lightroom

1. Memanipulasi Kecerahan Warna

Aplikasi ini dapat meningkatkan warna foto kalian tanpa menyebabkan efek tabrakan pada warna. Hal ini bisa kalian gunakan pada fitur vibrance dan saturation. Kalian dapat meningkatkan vibrance warna pada objek foto agar lebih menonjol dan mengatur saturation supaya warna objek satu dengan yang lain dapat terpisah.

Fitur tersebut sangat cocok kalian gunakan pada warna hijau daun pohon, laut biru, dan langit yang merah.

2. Menghilangkan Objek

Untuk menghilangkan suatu objek, kalian dapat menggunakan fitur healing yang ada pada aplikasi liighroom. Jika saja saat kalian berfoto di tempat wisata atau saat memfoto pemandangan yang indah, ternyata ada orang yang melintas atau tidak sengaja terlihat pada foto kalian. Nah, kalian dapat memercayai fitur pada lightroom ini.

Baca Juga:  Cara Melihat Tulisan di Balik Coretan di Android Tanpa Aplikasi

Kalian juga dapat menghilangkan objek-objek kecil seperti jerawat yang ada pada wajah kalian saat berfoto.

3. Fitur Kamera

Selain dapat mengedit foto, dalam aplikasi ini kalian juga bisa memotret sesuatu secara langsung dari aplikasi ini dan hasilnya bisa kalian edit di aplikasi ini juga setelah memotretnya. Fitur kamera manual ini dapat mengatur WB, ISO, sehingga bukan lensa sekalipun yang diatur secara digital.

4. Memperbaiki Pencahayaan dan Exposure

Kalian dapat mengatur exposure di menu light yang dibagi menjadi 5 pengaturan, yaitu :

  1. Shadows ialah fitur yang mengatur warna gelap dalam suatu foto.
  2. Contrast berfungsi untuk membagi kontras warna di foto, dan semakin kontrasnya suatu warna dapat menghasilkan warna yang lebih menonjol.
  3. White dan Blacks digunakan untuk mengatur warna hitam dan putih di foto, kalian bisa mengeditnya seperti vintage secara manual menggunakan fitur ini.
  4. Exposure adalah fitur yang digunakan untuk mengatur keterangan cahaya di foto.
  5. Hinghlights merupakan fitur untuk mengatur kecerahan warna pada foto, lebih sering digunakan untuk pencahayaan langit agar detail awan lebih baik.

5. Menghilangkan Noise

Sebelumnya, noise ialah binitk atau titik-titik warna yang menyebabkan hasil foto tidak halus. Fitur Noise Reduction dan Color Noise Reduction dapat mengatasi masalah noise ini. Hal ini dapat menjernihkan bintik yang ada pada foto dang mengembalikan warna yang kabur.

Selain menghilangkan noise, kalian juga dapat menambah noise pada foto dengan menambah Grain di menu Effect.

Dengan pengaturan Shaperning kalian juga bisa menambah atau mengurangi detail dalam foto kalian.

6. Mengedit Foto Format RAW

Dengan menggunakan format RAW ini, kalian dapat mengganti exposure, balance, sampai mengatur ketajaman dengan lebih baik daripada foto yang berformat non RAW. Kalian bisa mengubah pengaturan dengan maksimal bahkan setelah foto disimpan.

Baca Juga:  Cara Daftar Akun di Aplikasi Lightroom Android, IPhone dan Laptop

7. Mengatur White Balance

Fitur ini bisa kalian temui pada menu Color di lightroom. Kalian bisa mengatur white balance pada foto secara maksimal dengan format RAW yang tadi.

Kalian dapat mengubah suatu warna menjadi lebih hijau, kuning, biru, dan lainnya secara manual. Aplikasi edit lainnya kebanyakan menyediakan white balance preset, sehingga jarang ditemui pada aplikasi edit lain selain lightroom.

8. Fitur Selective

Fitur ini membantu kalian yang ingin memfokuskan satu objek di dalam foto. Kalian bisa mengedit objek utamanya dengan terpisah dari backrgound.

9. Cloud Sync

Fitur sinkronisasi cloud digunakan untuk mengedit foto pada perangkat apapun yang terhubung dalam satu akun yang sama. Termasuk juga pada perangkat iOS dan PC. Dengan kepraktisannya ini, para profesional lebih memilih aplikasi lightroom.

10. Undo dan Redo

Fitur ini berguna untuk mengulang dan membatalkan perintah saat proses editing hingga 12 kali jika terjadi kesalahan. Undo untuk membatalkan perintah, sedangkan redo untuk mengulang editing yang telah dilakukan.

Kekurangan Aplikasi Adobe Lightroom

1. Tidak Ada Layer Pengeditan

Dalam aplikasi ini tidak ada pemisah yang jelas antara kemampuan atau sagmen gambar untuk menggunakan mode blending. Namun efek dan modifikasi bisa ditumpukkan pada gambar yang diedit.

2. Beberapa Tools Editing Kurang Lengkap

Dibandingkan dengan satu aplikasi edit lain, tools pada lingtroom tidak selengkap itu. Adobe lightroom tidak dimaksudkan untuk full-on raster editor.

3. Fitur Kalah dengan Photoshop Mobile

Banyak juga yang lebih memilih menggunakan photoshop daripada lightroom karena fitur yang disediakan photoshop lebih lengkap.

4. Hanya untuk Mengedit Foto

Di aplikasi ini hanya dapat mengimpor dan memodifikasi foto, karena lightroom ditujukan untuk sistem alur kerja fotografer. Tidak dapat kita temukan pemuat gambar vektor yang bisa kalian temukan dalam satu aplikasi lain.

Baca Juga:  Rumus Lightroom Selfie Glowing Terbaru 2022

5. Harga Berlangganan Relatif Mahal

Jika ingin berlangganan, kalian harus membayar senilai Rp 67.000 per bulannya agar mendapat fitur yang lengkap di lightroom daripada versi yang gratis. Hal ini juga yang menyebabkan orang-orang lebih memilih aplikasi lain yang gratis tetapi lebih lengkap fiturnya.

Akhir kata

Baik itu saja yang bisa saya sampaikan mengenai kelebihan dan kekurangan dari aplikasi lightroom. Terima kasih telah membaca artikel ini, semoga bermanfaat, dan mohon maaf bila ada kesalahan.

Saya sangat menyukai dunia teknologi dan berbagi informasi melalui website Panduan.id.

Tinggalkan komentar

close